-->

Saturday, 4 January 2014

AGNEZ MO : "Agnes Monica Rasa Rihanna"





Dilihat dari sampul albumnya saja, siapapun yakin bahwa ada perubahan dalam diri Agnes Monica. Mendengarkan lebih dalam, tidak hanya dari foto-foto yang terpampang, tapi juga eksplorasi bermusiknya. Berjudul 'AGNEZ MO' adalah album terbaru Agnes Monica sekaligus album yang disebut-sebut sebagai album pemanasan sebelumnya dirinya merilis album internasional perdana. Ambisi yang tidak pernah putus sejak Agnes mengutarakannya beberapa tahun yang lalu. Mari coba dengarkan satu per satu 10 lagu + 1 bonus track di album yang rilis tanggal 30 Agustus 2013 ini.

Sentuhan elektronik langsung terasa di lagu 'Walk' yang didaulat sebagai pembuka di album ini. Tidak terlalu mengejutkan, tapi cukup menghentak jika dibandingkan dengan musik-musik dance Agnes sebelumnya. Sepertinya bila menarik kesimpulan berdasarkan Track 1, pantas bila disebut ini adalah album pemanasan, tapi bukankah terlalu dini?

Di Track 2 berjudul 'Renegade' penyanyi yang lahir 27 tahun silam ini justru lebih menambah nuansa elektroniknya yang dipadu dengan efek vokal. Sehingga terdengar hasil suara yang lebih 'treble' dibanding sebelumnya. Namun satu hal yang mungkin sangat terasa di sini, yaitu Agnes terdengar seperti penyanyi muda asal Amerika Ke$ha.

Selanjunya adalah satu-satunya lagu dengan lirik Berbahasa Indonesia yang ada di album berwarna abu-abu itu. Sebetulnya tidak menyangka akan ada Bahasa Indonesia, tapi sepertinya Agnes masih ingin menunjukkan rasa cinta Tanah Airnya. Masih sama seperti dua lagu sebelumnya, lagu berjudul 'Bad Girl' ini mengangkat nuansa elektronik, drum and bass dan dubstep kental terdengar mulai dari pertengahan lagu.

Sedikit menurunkan temponya, hadir lagu 'Let's Fall In Love Again' dengan lirik yang dinyanyikan dalam tempo sedang dan musik yang tidak terlalu bergoyang. Cukup puas sampai saat ini, namun kemudian pendapat banyak orang bahwa solois sembilan album ini Rihanna wanna be terbukti di Track 5 berjudul 'Be Brave'.

Tak bisa terbantahkan lagi bahwa di lagu ini Agnes Monica mungkin sedang sering-seringnya mendengarkan lagu penyanyi asal Barbados itu. 'Be Brave' menghadirkan nuansa melankolis dari nada-nada tinggi yang diambil Agnes Monica di ujung lagu.

Bukan tidak mau membahas secara detil lagu-lagu selanjutnya, tapi memang terdengar hampir sama. Drum and Bass, permainan sythesizer serta high note di ujung lagu menjadi sajian di lagu-lagu 'Flyin' High", 'Shut 'Em Up', 'Hide and Seek' dan 'Got Me Figure Out'. Walaupun begitu, memang album ini terdengar bak pukulan seorang Agnes Monica pada penikmat musik dan penggemarnya, "ini materi yang saya inginkan, bukan seperti dulu!"

Inilah satu-satunya lagu balada yang dihadirkan penyanyi dan penari itu di dalam albumnya, 'Thing Will Get Better'. Tidak ada 'keributan' seperti di lagu-lagu sebelumnya, hanya alunan piano sepanjang lagu, sangat menyentuh. Agnes benar-benar tahu bagaimana memainkan perasaan pendengarnya.

Namun fakta tetaplah fakta, ketukan-ketukan ala Usher dan plot-plot penarikan nada ala Rihanna sangat kental di 'AGNEZ MO'. Siapapun menyadarinya, bahkan penggemar garis kerasnya sekalipun, bahkan demikian pula yang dirasakan Ranwik sebagai salah satu Fans setia Agnes. Ini membuktikan prediksi banyak orang tentang sneak peak video teaser Agnes Monica International Debut, yang tersebar di media sosial Youtube.

Bukan berarti tidak ada sisi baiknya, Agnes Monica secara total mengeksplorasi musiknya habis-habisan. Jika ingin diibaratkan seperti sebuah metamorfosis, inilah fase dimana Agnes Monica menjadi seekor kupu-kupu. Bahkan bila dibandingkan album terakhirnya sebelum ini saja, 'Sacredly Agnezious (2009)' sudah jauh berbeda. Dan apabila ingin menjawab pertanyaan di awal tulisan tadi, apakah album 'AGNEZ MO' pantas disebut album pemanasan terjawab sudah. Pantas.!!
Daftar lagu di album 'AGNEZ MO'

1. Walk
2. Renegade
3. Bad Girl
4. Let's Fall In Love
5. Be Brave
6. Flyin' High
7. Shut 'Em Up
8. Hide and Seek
9. Thing Will Get Better
10. Got Me Figured Out

Bonus Track
11. Let's Fall In Love (Alt. Vocal)

Real Time Pengunjung

My Friends

https://twitter.com/#!/Ranwik_Julianto" target="_ranwik_julianto="Follow Me on Twitter">