-->

Tuesday, 26 November 2013

Cerita Perjalanan Karir Agnes Monica (1)

Agnes Monica Kecil, Pintar, Cantik dan Menggemaskan

Dia adalah penyanyi fenomenal. Mimpinya untuk go international pun sudah ada dalam genggaman. Sejak kecil, Agnes memang sudah dikenal sebagai penyanyi. Maklum, bisa dibilang Agnes memang mewarisi bakat sang ibu yang seorang penyanyi.

Terlahir dengan nama lengkap Agnes Monica Sukma Muljoto, cewek cantik ini dilahirkan di Jakarta pada tanggal 1 Juli 1986 lalu. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Muljoto. Agnes memiliki seorang kakak laki-laki bernama Steve Muljoto yang kemudian menjadi manajernya.
Masa kecil dan dunia pendidikan Agnes sebenarnya dihabiskan seperti anak-anak kebanyakan. Agnes menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya ke SLTP Pelita Harapan. Dengan kepintaran yang dimilikinya, di sekolah, Agnes merupakan siswi yang berprestasi di bidang akademik dan sering menerima beasiswa. 


Padahal, saat itu dirinya juga disibukan dengan aktivitas luar sekolah seperti kursus piano, bahasa Inggris, seluncur es, dan bulu tangkis. Bakat Agnes di bidang seni sudah telihat sejak ia masih kanak-kanak, khususnya bidang tarik suara. Selain ditempa di gereja, Agnes juga ikut kursus vokal di beberapa tempat.
Jangan kaget jika karakter vokal Agnes sejak kecil hingga saat ini termasuk yang terbaik untuk penyanyi seangkatannya. Padahal, Agnes bercita-cita menjadi olahragawan sejak kecil.
"Dulu aku kepengin menjadi atlet bulutangkis, tenis atau basket. Sama sekali nggak kepikiran jadi penyanyi," kata Agnes dalam sebuah kesempatan.
Tak cuma itu, di bidang akademis Agnes juga terhitung encer. Juara kelas diraihnya sejak SD Tarakanita, Pluit, Jakarta sampai lewat SMP. Sampai akhirnya Agnes memilih jalur menjadi mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan.




Di usia enam tahun, ada pihak recording yang tertarik dengan suara dan memintanya untuk membuat album anak-anak. Album pertamanya Si Meong akhirnya rilis ke pasaran. Tak perlu menungu lama untuk populer, karena album berikutnya YESS bareng Aza Yayang, melejitkan nama Agnes Monica ke deretan penyanyi anak-anak terpopuler akhir tahun 90-an.
Album tersebut dinobatkan sebagai 'Album Anak-Anak Terbaik' pada tahun 1999. Album lain yang telah dirilis Agnes yaitu Bala-Bala. Ketiga album tersebut berhasil melejitkan Agnes ke jajaran penyanyi cilik terpopuler di era 1990-an. Selain bernyanyi dan merilis album, Agnes juga menjadi presenter acara anak-anak yaitu Video Anak Anteve (VAN) di Anteve, Tralala-Trilili di RCTI, dan Diva Romeo di Trans TV.
Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards untuk 'Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit' selama dua tahun berturut, 1999 dan 2000.



Menginjak usia remaja, karir Agnes makin berkibar deras. Ia tidak hanya seorang artis penyanyi, tetapi juga model, bintang sinetron, bintang iklan, presenter bahkan terlibat dalam baca puisi. Soal puisi ini, Agnes sebenarnya hanya terlibat saja dalam satu acara kesenian Opera Negeri Kaum Terdakwa di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, tahun 2002 silam.
Agnes juga coba mencicipi dunia sinetron. Gayanya yang centil juga menjadi trade-mark ketika berperan sebagai Lulu adik Lupus dalam sinetron berjudul sama. Canggung? Ternyata tidak. Akting Agnes kabarnya justru lebih dipuji dibanding Lupusnya sendiri. Itulah sinetron pertama yang diperaninya.
Sinetron kemudian seperti identik dengan cewek yang hobi main ice-skating ini. Dari Pernikahan Dini [2001], Lupus, Kejarlah Daku Kau Ku tangkap [2002], Cewekku Jutek [2003], Amanda [2002], Ciuman Pertama [2002]. Lewat peran-perannya itu, Agnes secara berturut-turut meraih penghargaan Bintang Sinetron Terfavorit - Panasonic Awards 2001 dan 2002.


 Yang tidak main-main, Agnes mulai melangkah keluar Indonesia. Cewek cantik ini juga sempat main film bersama salah seorang personel F4. F4 adalah kelompok artis muda asal Taiwan dengan personel Jerry Yan, Vic Zhao, Ken Zhu, dan Vanness Wu, yang pernah menghebohkan Asia tahun 2000-an.Di tahun 2000 juga, Agnes berhasil menempati urutan pertama jajak pendapat artis beranjak remaja terbaik versi artiscilik.com. Pada tahun 2000, Agnes menjadi pemeran utama di sinetron Pernikahan Dini bersama Sahrul Gunawan. Sinetron inilah yang berhasil melambungkan nama Agnes dan menghapus citranya sebagai seorang artis cilik.

Real Time Pengunjung

My Friends

https://twitter.com/#!/Ranwik_Julianto" target="_ranwik_julianto="Follow Me on Twitter">