-->

Wednesday, 26 December 2012

Pencarian Terpopuler Di Google Selama Tahun 2012



Sepanjang 2012 banyak peristiwa terjadi di Indonesia yang jadi pembicaraan dunia maya. Dalam laporan tahunan Zeitgeist, Google mengeluarkan peringkat kata kunci yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.



 Dalam data tersebut yang menduduki peringkat satu adalah "Gangnam Style" yang dipopulerkan PSY. Gangnam Style merupakan video pertama yang diklik 1 miliar orang di YouTube. Tak hanya Indonesia, Gangnam Style juga menyapu seluruh dunia dengan melahirkan banyak video parodi yang kreatif.



 Meski diduduki K-Pop namun sisanya dikuasai oleh tema lokal, diantaranya fenomena yang menyita perhatian publik. Salah satunya kecelakaan pesawat Sukhoi di Gunung Salak pada awal Mei 2009 dan sepak terjang Jokowi. Hal ini menunjukkan orang Indonesia kerap mencari informasi di Google jika mendapati kabar menarik.



 "Meskipun Gangnam Style nomor satu, cukup banyak istilah-istilah Indonesia," tutur Vishnukari Mahmud, Direktur Komunikasi Google Indonesia kepada BBC Indonesia. "Klik seperti Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, Noah, dan Persib Bandung yang dicari orang Indonesia dengan menggunakan Google untuk mendapatkan informasi."



 Zeitgeist juga menyusun daftar 11 kategori berbeda seperti peringkat untuk musik, maskapai penerbangan, gadget hingga tim olahraga. Kecenderungan klik di tiap negara juga berbeda, misalnya di Singapura Gangnam Style kalah populer dengan Olimpiade 2012. "Yang ngetrend untuk orangnya juga berbeda," ucap Vishnukari.





 10 kata kunci paling populer di Indonesia selama 2012:

 Gangnam Style

Noah

 Tomcat

Coboy Junior

 Jokowi

 Indonesian Idol

Cherry Belle

Ayu Ting Ting

 Sukhoi

Nenek Gayung

Real Time Pengunjung

My Friends

https://twitter.com/#!/Ranwik_Julianto" target="_ranwik_julianto="Follow Me on Twitter">