-->

Saturday, 4 August 2012

3 Rahasia Untuk Menjaga Pelita Tetap Menyala







“Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.” Matius 25:13
Bacaan: Matius 25:1-13

Kisah ini menceritakan hal Kerajaan Sorga yang seumpama sepuluh gadis. Kesepuluh gadis tersebut membawa pelitanya untuk menyongsong mempelai laki-laki.
Lima gadis yang bijaksana membawa pelita dan sekaligus minyak dalam buli-buli mereka. Sedangkan lima gadis yang bodoh hanya membawa pelita dan tidak membawa minyak.
Pada saat mereka menunggu mempelai, mereka tertidur karena mempelai yang ditunggu tidak datang-datang juga. Pada saat tengah malam, ada yang berseru dan memberitahu bahwa sang mempelai akan datang. Lalu para gadis terbangun dan bersiap-siap untuk menyambut sang mempelai. Para gadis bodoh menyadari bahwa pelita mereka hampir padam dan mereka sama sekali tidak memiliki minyak cadangan. Lalu mereka meminta minyak kepada para gadis bijaksana. Tetapi gadis-gadis bijaksana tidak memberikannya dan menyuruh mereka untuk membelinya kepada penjual minyak.
Pada waktu gadis-gadis bodoh pergi membeli minyak, datanglah sang mempelai lalu memulai perjamuan kawin dan menutup pintunya. Gadis-gadis bodoh yang akhirnya tiba belakangan tidak diberi ijin untuk masuk dan mengikuti acara perjamuan kawin.
Pelita merupakan terang Firman Tuhan yang memberikan penerangan bagi setiap langkah hidup kita. Kita tidak akan dapat berjalan lurus di dalam dunia yang gelap ini tanpa terang Firman Tuhan.

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Mazmur 119:105

Bagaimana mungkin kita dapat berjalan ke arah yang benar jika berjalan dalam kegelapan? Jangan pernah berjalan, bekerja, mengambil keputusan tanpa hidup dalam terang Firman Tuhan.  Oleh karena itu jagalah agar kita senantiasa mempunyai minyak yang cukup sehingga pelita yang kita bawa dapat terus menyala.
Bagaimana agar kita dapat selalu memiliki minyak, sehingga pelita kita dapat terus menyala?
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” Yosua 1:8

 

1. Baca Firman Tuhan

Jangan lupa untuk membaca dan memperkatakan Firman Tuhan. Baca FirmanNya setiap hari, agar terangNya senantiasa menyala di dalam hati kita.
Terang Firman Tuhan yang terus menyala akan menyingkapkan segala kegelapan yang ada, sehingga kita dapat diperbaharui hari demi hari. Hidup kita akan diubahkan, yang dahulu merupakan manusia yang penuh dosa, tetapi saat ini menjadi manusia baru. FirmanNya akan menyucikan hidup kita sehingga membuat kita layak menghadap tahta Kerajaan Surga dan memanggil “Ya Abba, ya Bapa”.

2. Renungkan Firman Tuhan

Renungkan FirmanNya setiap waktu. FirmanNya akan memberi kita kekuatan dan sukacita yang penuh dalam menghadapi berbagai macam masalah dan pencobaan. FirmanNya akan memberikan pengharapan sehingga kita akan tetap berdiri dalam gelombang badai yang datang menerpa. FirmanNya juga yang akan mengingatkan kita jika kita mulai berbuat salah atau menyimpang dari jalanNya.
Tanpa Firman Tuhan, kita tidak akan pernah tahu bahwa kita ternyata sudah berjalan di jalan yang salah. FirmanNya akan menolong hidup kita sehingga kita akan senantiasa bertindak hati-hati dalam setiap langkah hidup kita.

3. Lakukan Firman Tuhan

Terapkan FirmanNya dalam kehidupan kita baik di dalam keluarga, pekerjaan, bisnis dan lingkungan sosial. Jangan mau kompromi dengan kegelapan dunia dan segala kenikmatan yang ditawarkan.
Dengan melakukan FirmanNya, Tuhan akan memberkati setiap langkah yang kita jalani. Dia akan membuka jalan dan mencurahkan berkatNya dalam kehidupan kita. Keberuntungan akan menyertai hidup kita. Dan kita akan melihat begitu banyak pintu-pintu yang dibukakan bagi kita, sehingga berkatNya berkelimpahan dalam hidup kita. Tidak hanya itu saja, bahkan Tuhan juga membuat kita menjadi berkat bagi banyak jiwa-jiwa di sekitar kita.


Tetaplah baca, renungkan dan lakukan Firman Tuhan setiap hari, maka pelita itu akan senantiasa menyala dalam kehidupan kita. Sehingga kita mengerti apa yang men
jadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Nama Yesus dimuliakan adanya. Haleluya!
.
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. ” Mazmur 1:1-3

Real Time Pengunjung

My Friends

https://twitter.com/#!/Ranwik_Julianto" target="_ranwik_julianto="Follow Me on Twitter">